Senin, 24 Oktober 2016

ANGKUTAN MASSAL DAN PEMBANGUNAN GEDUNG PARK AND RIDE DAN ERP DI SURABAYA



PARK AND RIDE DAN ERP SURABAYA
 Oleh:Supriyanto,SE
Abstrak
     Pemerintah kota Surabaya berencana memperbaiki sistem transportasi dengan cara meningkatkan dan menyediakan sarana dan prasarana transportasi berupa monorail dan trem, Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu adanya sarana perpindahan antar moda yang dapat memfasilitasi para calon pengguna angkutan umum masal. Sarana perpindahan antar moda yang efektif adalah dengan cara menyediakan sarana parkir berupa park and ride dan jalan berbayar berdasar kilometer ERP(Electronic Road Price) agar masyarakat lebih memilih angkutan massal.

     Mengingat hal tersebut maka pemerintah kota surabaya juga berencana membangun sarana park and ride dan ERP yang tersebar di dekat shelter/halte pemberhentian AMC, Salah satunya yang berada di jalan Mayjend sungkono . Untuk perencanaan park and ride mayjend sungkono, metode yang digunakan untuk menghitung demand pengguna park and ride menggunakan metode sampling.

     Menurut pemerhati tata ruang kota Bpk.Supriyanto,SE Penerapan sistem park and ride dan ERP ini diusulkan dilakukan di 19 titik yang tersebar di Kota Surabaya. Diantaranya kawasan margomulyo tandes, pertigaan banyu urip simo gunung, Jl. Rajawali, tugu pahlawan, Jl.A. Yani (bekas perumahan PT.Iglas), Kedung cowek-Kenjeran, Kertajaya, Jl. Mayjend Sungkono,Lakarsantri,dll (Lebih lengkap dapat dilihat di gambar site Plan yang kami kembangkan).

Perhitungan dilakukan dengan cara mengkalibrasikan dua data primer yang berupa data wawancara dan data volume kendaraan (TC). Dan hasil kalibrasi ini yang nantinya digunakam sebagai dasar acuan untuk perhitungan demand Park and Ride Mayjend sungkono untuk tahap awal.

     Berdasarkan hitungan mengenai jumlah demand pengguna Park and ride Mayjend
sungkono berdasarkan tarif parkir sesuai dengan peraturan pemerintah Surabaya, didapat pada tahun 2018 jumlah demand sepeda motor mencapai 4655, dengan prediksi jumlah terbesar yang akan parkir mencapai 5158 sepeda motor, dengan kemungkinan terkecil sejumlah 4152 sepeda motor. Sedangkan jumlah demand mobil mencapai 3176, dengan prediksi jumlah terbesar sebanyak 3611 mobil dan jumlah terkecil sebanyak 2741 mobil. Sedangkan proyeksi demand pada tahun 2023 jumlah demand sepeda motor yang akan parkir mencapai 5702 sepeda motor, dengan prediksi jumlah sepeda motor yang mau parkir sejumlah 6318 sepeda motor dan kemungkinan terkecil mencapai 5082 sepeda motor. Sedangkan jumlah demand mobil yang mau menggunakan park and ride mencapai 3856 mobil dengan prediksi jumlahterbesar mencapai 4384 mobil dan jumlah terkecil sebanyak 3328 mobil.

     Site Plan PARK AND RIDE DAN ERP(ELECTRONIC ROAD PRICE) Yang di kembangkan oleh Bpk,Supriyanto,SE ketentuanya adalah Semua kendaraan yang akan masuk ke pusat kota Surabaya baik warga yang dari luar kota atau dalam kota akan dikenakan sistem Park and Ride dan ERP (penerapan ERP dengan cara melihat Plat Nomor dan STNK bila kendaraan anda ber plat nomor luar surabaya maka anda wajib membayar bila mau menggunakan ERP atau memanfaatkan park and ride dari titik biru, lain halnya bila kendaraan anda ber plat surabaya sekalipun anda datang dari luar kota anda tetap bisa masuk hingga titik merah,Tentunya dengan penerapan ini terlihat anda yang tinggal di wilayah selatan khususnya Sidoarjo,Krian dan sekitarnya sangat diuntungkan karena kendaraan pribadi bisa masuk hingga jalan Achmad Yani dan bila anda memakai sistem ERP tentu kilometernya pun hanya sedikit untuk menuju ke pusat kota dan kurang menguntungkan bila anda tinggal di wilayah barat surabaya Gresik,Menganti dan sekitarnya maka tempat park and ride anda dari luar kota akan sangat jauh karena penerapan park and ride dan ERP berada pada jalur perbatasan kota dan bila anda memanfaatkan ERP berapa kilometer jarak yang akan anda tempuh dari titik biru menuju titik merah.Penerapan sistem ini akan diterapkan oleh pemkot surabaya demi membatasi jumlah kendaraan yang memadati wilayah pusat kota.
SITE PLAN PARK AND RIDE DAN ERP DI SURABAYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar