OLEH
: SUPRIYANTO,SE
Indonesia sebagai Negara berkembang dengan potensi sumber daya manusia yang semakin banyak, tidak jarang membuat investor baik local maupun asing mulai menyucurkan dananya ke beberapa bidang khususnya property,bidang ini dinilai cukup seksi karena mitos yang mengatakan bahwa berinventaris di bidang initidak akan pernah rugi kerap menjadi acuan beberapa pemain localdan luar baik developer agent hingga individual menjadikan property sebagai “surga”untuk melipatgandakan uang.
Namun
perlu diperhatikan
jika anda khususnya individual yang ingin berinvestasi di bidang property,tidak
semua daerah mampu memberikan keuntungan property yang cepat ,bahkan tidak
jarang merugi akibat tidak ada calon pembeli bahkan penyeewa ,setelah mereka
mengetahui lokasi property tersebut berada,ada hal-hal yang perlu diperhatikan
saat anda ingin berinvestasi di bidang property ,baik tanah, rumah ,bahkan
apartemen sekalipun.
Ada Lima hal yang kerap ditanyakan
orang baik melalui social media ,atau media-media preoperty lainnya,maupun
ketika kami mengikuti I ndonesia property expo 2016,mengenai keberadaaan
fasilitas tertentu yang dinilai dapat meningkatkan harga property yang berada
di sekitarnya sebagai berikut :
1.Lokasi yang mudah diakses
Keberadaaan
jalan arteri primer , jalan tol ,akses
kendaraan umum yamg 24 jam bahkan dekat dengan terminal, stasiun kereta api ,dan
adalah hal utama yang menjadi acuan bahwa property kita mengalami kenaikan
nilai di massa mendatang , hal ini memag menjadi indicator bahwa sebuah daerah
bias dikatakan layak untuk didirikan berbagai jenis hunian dari rumah tingggal
, permukiman kampong , perumahan hingga
hunian cluster.
2.keberadaan pusat perbelanjaan
Dari pasar
traditional , mini market hingga pasar swalayan besar menjadi hal kedua yang
ditanyakan mengenai keberadaaan property,tentu hal ini menjadi keuntungan
tersendiri jika property anda berada didekatnya , hal ini mempermudah untuk
mendapatkan hal-hal pokok seperti bahan pokok makanan dan pakaian.
3.Pusat pendidikan
Pendidikan
baik formal atau in formal , pusat pendidikan adalah hal ketiga yang kerap
dicari orang disekitar property mereka ,tentu kebutuhan ini semakin relevan
jika berbicara mengenai keluarga , tidak heran bila beberapa pengembang besar
bahkan menjalinerjasama kebeberapa nama instansi pendidikan ternama untuk
bergabung dalam sebuah kawasan perumahan /permukiman kampong yang hendak
dibangun.
4.Fasilitas Umum dan Fasilitas
social
Hal ini
dapat dimulai dari fasilitas sarana olahraga , Rumah sakit , Taman bertema
rekreasi atau alon-alon kota, Pemakaman Umum yang di sediakan oleh
masing-masing konsep baik perumahan formal atau permukiman kampong menjadi hal
keempat yang kerap ditanyakan . anda pasti tahu bahwa hal ini erat kaitannya
dengan kebutuhan manusia akan vitalitas yang mempengaruhi performa dalam
beraktivitas.
5.kawasan yang relatif mempunyai tanah subur hal ini berkaitan dengan isu dunia bahwa ke depan kawasan yang bisa menghasilkan tanaman pangan untuk kawasannya akan sangat diburu karena semakin menipisnya persediaan pangan dunia,dan dari kawasan yang subur ini daerah yang bisa mengalokasikan pemanfaatan lahan secara proporsional misalnya 50% untuk kawasan pengembangan perkotaaan modern dan 50% untuk tanaman pangan akan jadi idola, dan masyarakat di himbau menghindari kawasan yang gersang dan sulit air bahkan mempunyai kontur tanah tidak rata dan tanah labil (tanah gerak) bahkan berpotensi bencana besar seperti,gunung meletus,gempa dan tsunami,longsor, banjir relatif , karena hal ini akan sangat mempengaruhi kehidupan anda di masa depan dan mudah rusaknya kontruksi bangunan anda.
5.kawasan yang relatif mempunyai tanah subur hal ini berkaitan dengan isu dunia bahwa ke depan kawasan yang bisa menghasilkan tanaman pangan untuk kawasannya akan sangat diburu karena semakin menipisnya persediaan pangan dunia,dan dari kawasan yang subur ini daerah yang bisa mengalokasikan pemanfaatan lahan secara proporsional misalnya 50% untuk kawasan pengembangan perkotaaan modern dan 50% untuk tanaman pangan akan jadi idola, dan masyarakat di himbau menghindari kawasan yang gersang dan sulit air bahkan mempunyai kontur tanah tidak rata dan tanah labil (tanah gerak) bahkan berpotensi bencana besar seperti,gunung meletus,gempa dan tsunami,longsor, banjir relatif , karena hal ini akan sangat mempengaruhi kehidupan anda di masa depan dan mudah rusaknya kontruksi bangunan anda.
Dengan adanya kelima hal tersebut
maka kami akan membahas mengenai daerah-daerah mana saja yang akan menjadi
hunian favorite dan akan menjadi daerah potensial untuk berinvestasi property ,
dari hasil penelitian akan kami berikan beberapa daerah yang berkembang sangat
pesat di masa mendatang:
1.Urutan pertama dipegang oleh kota
Surabaya karena seperrti kita ketahui Jakarta sebagai ibukota Negara sudah
mengalami titik jenuh pertumbuhan, masuknya sector property (perumahan,hotel/apartemen,reestoran)sebagai
3 pilar utama penyumbang PAD(pendapatan asli daerah)kota Surabaya membuat kota
ini sangat baik untuk investasi property , pertumbuhan ekonomi Surabaya lebih
tinggi dari Jakarta dan jawa timur (2014)pendapatan perkapita Rp.84 juta
pertahun,tingkat inflasi surabaya 7,52%. Pendapatan asli daerah Surabaya
53,32%dari total APBD.
Infrastruktur popular yang sudah dibangun Middle East Ring Road(MERR 2c), frontage road Ahmad Yani, jembatan suramadu, dan adanya rencana pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat dan Jalan Lingkar Luar Timur yang sudah dalam tahap pembangunan.tapi untuk wilayah yang punya potensi berkembang sangat terbatas yaitu di sekitar surabaya selatan dan selatan surabaya karena kawasan yang selama ini jadi primadona yaitu surabaya timur -utara dan barat sedang dalam potensi rawan bencana gempa dan tsunami kemungkinan besar hal ini akan mempengaruhi kawasan tersebut, Seperti yang dirillis oleh KEMENPUPERA (kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat) para pakar dan ahli dari perguruan tinggi ITB dan ITS Gempa yang di sebabkan oleh Sesar Kendeng punya potensi sangat besar meluluh lantakkan bangunan yang ada di wilayah ini dengan potensi gempa 2-7 skala richter.lihat gambar rawan bencana dibawah ini
Infrastruktur popular yang sudah dibangun Middle East Ring Road(MERR 2c), frontage road Ahmad Yani, jembatan suramadu, dan adanya rencana pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat dan Jalan Lingkar Luar Timur yang sudah dalam tahap pembangunan.tapi untuk wilayah yang punya potensi berkembang sangat terbatas yaitu di sekitar surabaya selatan dan selatan surabaya karena kawasan yang selama ini jadi primadona yaitu surabaya timur -utara dan barat sedang dalam potensi rawan bencana gempa dan tsunami kemungkinan besar hal ini akan mempengaruhi kawasan tersebut, Seperti yang dirillis oleh KEMENPUPERA (kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat) para pakar dan ahli dari perguruan tinggi ITB dan ITS Gempa yang di sebabkan oleh Sesar Kendeng punya potensi sangat besar meluluh lantakkan bangunan yang ada di wilayah ini dengan potensi gempa 2-7 skala richter.lihat gambar rawan bencana dibawah ini
peta gambar rawan bencana
Harga tanah saat ini berkisar pada Rp.5juta sampai 25juta permeter .ini pun diprediksi akan mengalami kenaikan 30% pertahun , dan akan mengalami puncak kenaikan harga property antara 2-3 tahun kedepan.
Harga tanah saat ini berkisar pada Rp.5juta sampai 25juta permeter .ini pun diprediksi akan mengalami kenaikan 30% pertahun , dan akan mengalami puncak kenaikan harga property antara 2-3 tahun kedepan.
2.Urutan kedua DETABEK(Depok
–Tangerang – Bekasi) kota penyangga Jakarta ini menjadi primadona untuk
investasi property ,perbatasan Bogor dan Depok yang memiliki stasiun
pemberhentian kereta api dinilai menjadi daerah yang baik untuk berinvestasi
untuk depok dan tangerang dua daerah yang sama sama dekat dengan Jakarta
Selatan ,Depok dikenal memiliki beberapa pusat pendidikan ternama dari
Universitas Gunadarma hingga Universitas Indonesia Potensi Property disini
dinilai makmur sejalan dengan keberadaaan dua pusat pendidikan ini , Tangerang
dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol hingga keberadaan sarana
transportasi yang banyak menghubungkannya dengan titik prioritas di Jakarta
membuat daerah Ini sebut saja bintaro dan serpong masih masuk dalam primadona
unntuk berinvestasi, sedangakn untuk Bekasi keberadaan daerah industry hingga
pembangunan beberapa pusat perbelanjaan besar menjaadi pemicu naiknya Property.
3.Urutan Ketiga KRIAN Sidoarjo
wilayah KRIAN masuk dalam cakupan Ring Satu Surabaya , kawasan ini dinilai
syarat akan pertumbuhan,alasannya pertumbuhan Krian masih relative rendah jika
dibandingkan dengan kota pendamping Surabaya seperti wilayah pusat kota
Sidoarjo dan Wilayah pusat kota Gresik ,
inilah yang kemudian membuat Krian akan tumbuh pesat karena masih terjangkaunya
harga Property di wilayah ini , bahkan krian disebut sebagai kota strategis
yang mempunyai fasilitas pendukung seperti yang telah disebutkan diatas , dan
di prediksi banyak pengamat wilayah ini
akan menjadi kotamadya Sidoarjo atau bahkan dengan nama kabupaten lainnya,
karena seperti halnya kawasan Jabodetabek (Jakarta –Bogor – Depok – Tangerang –
Bekasi ) maka wilayah Ring satu Surabaya bisa mempunyai kota pendamping selain
Sidoarjo –Gresik- dan Krian (sebagai kotamadya atau kabupaten baru) yang disebut dengan GERBANG KRITOSUSILA ( Gresik - Bangil Pasuruan - Krian - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan)
Penamaan gerbang kritosusila berkaitan dengan rencana pulau madura memisahkan diri dari provinsi JAWA TIMUR dan menjadi PROVINSI MADURA , wilayah Krian sangat nyaman disamping tidak adanya masalah kontur tanah, tanah daerah krian ini juga bukan tanah lempung atau tanah liat berbeda dengan sebagian besar wilayah Gresik kota bahkan hingga gresik selatan wilayah Krian sangat nyaman disamping tidak adanya masalah kontur tanah, tanah daerah krian ini juga bukan tanah lempung atau tanah liat berbeda dengan sebagian besar wilayah Gresik kota bahkan hingga menganti yang selain terkendala masalah kontur tanah yang tidak rata tanahnyapun banyak yang berupa tanah lempung atau tanah liat bahkan kapur yang tentunya akan sangat tidak baik untuk kontruksi bangunan dan jalan,kemudian akses jalan yang jelek,ditambah permasalahan banjir yang tidak bisa dihentikan .
Kemudian untuk wilayah pusat kota sidoarjo sendiri pamornya semakin menurun semenjak adanya kasus lumpur Lapindo,inilah yang menyebabkan kawasan ring satu bergeser ke daerah Krian yang semakin menjadi Primadona , yang jadi keluhan saat ini adalah akses jalan utama dari waru surabaya hingga by pass krian yang terkenal padat dan macet tapi solusinya telah dipecahkan oleh pemprov jatim yaitu adanya tol suroboyo - mojokerto , tol ini disiapkan untuk mengurangi kepadatan jalur waru - by pass krian karena jalur waru - by pass krian akan dikembangkan sebagai jalur perkotaan dan bila tol telah beroperasi penuh akan ada daftar kendaraan yang dilarang melalui jalur ini mulai jam 5 pagi sampai jam 8 malam seperti :
1.Bus Patas atau bus cepat
2.Truk bertonase diatas sumbu 3 ton (kecuali bagi truk yang punya kepentingan di jalur ini tapi dengan diserai surat jalan dari perusahaan masing-masing karena keberadaan pabriknya ada di jalur ini, tapi jam operasionalnyapun dibatasi dari jam 10 siang sampai jam 2 sore dan jam 8 malam sampai jam 5 pagi , untuk truk yag tidak punya pabrik dijalur ini dilarang melalui jalur ini dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam dan wajib masuk jalan tol.
Penamaan gerbang kritosusila berkaitan dengan rencana pulau madura memisahkan diri dari provinsi JAWA TIMUR dan menjadi PROVINSI MADURA , wilayah Krian sangat nyaman disamping tidak adanya masalah kontur tanah, tanah daerah krian ini juga bukan tanah lempung atau tanah liat berbeda dengan sebagian besar wilayah Gresik kota bahkan hingga gresik selatan wilayah Krian sangat nyaman disamping tidak adanya masalah kontur tanah, tanah daerah krian ini juga bukan tanah lempung atau tanah liat berbeda dengan sebagian besar wilayah Gresik kota bahkan hingga menganti yang selain terkendala masalah kontur tanah yang tidak rata tanahnyapun banyak yang berupa tanah lempung atau tanah liat bahkan kapur yang tentunya akan sangat tidak baik untuk kontruksi bangunan dan jalan,kemudian akses jalan yang jelek,ditambah permasalahan banjir yang tidak bisa dihentikan .
Kemudian untuk wilayah pusat kota sidoarjo sendiri pamornya semakin menurun semenjak adanya kasus lumpur Lapindo,inilah yang menyebabkan kawasan ring satu bergeser ke daerah Krian yang semakin menjadi Primadona , yang jadi keluhan saat ini adalah akses jalan utama dari waru surabaya hingga by pass krian yang terkenal padat dan macet tapi solusinya telah dipecahkan oleh pemprov jatim yaitu adanya tol suroboyo - mojokerto , tol ini disiapkan untuk mengurangi kepadatan jalur waru - by pass krian karena jalur waru - by pass krian akan dikembangkan sebagai jalur perkotaan dan bila tol telah beroperasi penuh akan ada daftar kendaraan yang dilarang melalui jalur ini mulai jam 5 pagi sampai jam 8 malam seperti :
1.Bus Patas atau bus cepat
2.Truk bertonase diatas sumbu 3 ton (kecuali bagi truk yang punya kepentingan di jalur ini tapi dengan diserai surat jalan dari perusahaan masing-masing karena keberadaan pabriknya ada di jalur ini, tapi jam operasionalnyapun dibatasi dari jam 10 siang sampai jam 2 sore dan jam 8 malam sampai jam 5 pagi , untuk truk yag tidak punya pabrik dijalur ini dilarang melalui jalur ini dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam dan wajib masuk jalan tol.
Pertumbuhan penduduk wilayah Krian
rata-rata 1,5% hingga 2,5% pertahun dan diprediksi akan semakin tumbuh pesat
dalam 2tahun sampai 5tahun kedepan hingga tumbuh 5% pertahun,Industrinya naik
pertahun dari 2%-5% , PDRB bangunan naik Rp.200ribu pertahun , PDRB Perdagangan
,jasa,hotel,restoran Rp.1juta pertahun, pertumbuhan Ekonomi wilayah ini
diprediksi 6-7% pertahun dan akan membangun kota satellite terbaru sebagai
permukiman terpadu(yang menyatukan kawasan
permukiman kampung dan perumahan formal menjadi satu kesatuan wilayah) di
wilayah perbatasan kecamatan Krian dan Wonoayu tepatnya diantara desa
Pagerngumbuk-jeruk gamping-wonokalang-kenep junwangi.
Infrastruktur pendukungnya ada jalan
Arteri Primer(jalan nasional) By pass Krian mojokerto –jalan raya Legundi dan
rencana jalan baru WARU-Puspa Agro-hingga tembus ke candinegoro(wonoayu), jalan
Tol Surabaya –gempol , jalan Tol Surabaya-
Mojokerto dan rencana pembangunan selajutnya yang sudah masuk dalam
tahap lelang jalan tol Krian –Legundi –
bunder Gresik dan Krian - Tulangan - Arteri Porong, kemudian rencana jalan arteri primer yang juga disebut Jalan
Lingkar Luar Barat yang akan menyambungkan dari Ngoro - pagerngumbuk(wonoayu)
– TENARU (Driyorejo) – JLLB Surabaya(Citraland) hingga tembus ke Teluk Lamong,
hal ini tentunya akan menjadi daya tarik besar bagi investor yang akan
menanamkan modalnya di wilayah ini. Jika infrastruktur jadi Krian akan menjadi
kawasan yang mudah terkoneksi dengan pertumbuhan pesat .
Selain infrastruktur diatas wilayah
ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti alon-alon kota yang sedang
dibangun di depan pasar baru Krian , Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di
Sidoarjo Barat tepatnya akan dibangun di tambak kemerahan Krian , dan
jalan-jalan protokolnya akan segera dipercantik dengan system median jalan
selain kanan kiri jalan dilengkapi trotoar dan pohon peneduh , median jalannya
juga ditanami pohon peneduh sehingga akan mempercantik kawasan ini , selain
itu
juga kawasan ini sedang melengkapi fasilitas fasilitas umum lainnya
seperti akan dibangunnya mall hotel&apartemen terbesar tepatnya di
eks pabrik gula krian.site plan jalan perkotaan di Krian.
Saat ini harga Property didaerah ini
kemungkinan masih terjangkau dibanding wilayah pusat kota gresik atau pusat
kota sidoarjo, tapi diprediksi 2-5 tahun ke depan harga property di
wilayah ini potensinya akan naik pesat
minimal bisa naik 30% - 100% per tahun Krian dan wonoayu merupakan
wilayah
paling potensial untuk tumbuh karena saat ini daerah yang sedang popular
adalah
yang berdekatan dengan jalan arteri dan jalan tol karena membuat
kemudahan
akses lalu lintas sehingga meningkatkan harga Property kelemahan wilayah
ini kemungkinan seperti pada lahan lahan kosong pada umumnya yaitu
adanya potensi angin besar atau puting beliung tapi seiring dengan
padatnya bangunan maka akan hilang dengan sendirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar